Kampung Bena, Destinasi Wisata Budaya di Nusa Tenggara Timur

1098
views
Kampung Bena

DoWisataKampung Bena adalah salah satu destinasi wisata di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Kampung yang berada di bawah Gunung Inere ini, belum tersentuh kemajuan teknologi.

Kampung Bena diperkirakan telah ada sejak 1.200 tahun yang lalu. Sampai saat ini, masyarakat kampung tersebut masih memegang teguh budaya, adat-istiadat warisan leluhur mereka.

Penduduk Kampung Bena termasuk dalam suku Bajawa. Bertani, adalah mata pencaharian utama penduduk kampung ini. Di Kampung Bena, terdapat 40 buah rumah yang saling berhadapan.

Advertisement

Badan kampung tumbuh memanjang, dari utara ke selatan. Pintu masuk kampung berada di sebelah utara, sedangkan bagian selatan merupakan puncak sekaligus tepi tebing terjal.

Ditengah-tengah kampung atau lapangan terdapat beberapa bangunan yang mereka sebut bhaga dan ngadhu. Bangunan bhaga bentuknya mirip pondok kecil (tanpa penghuni).

Sementara ngadhu berupa bangunan bertiang tunggal dan beratap serat ijuk. Tiang ngadhu biasa dari jenis kayu khusus dan keras karena sekaligus berfungsi sebagai tiang gantungan hewan kurban ketika digelar pesta adat.

Rumah di Bena tidak berfungsi sebagai hunian belaka, namun memiliki makna yang mendalam sebagai bagian dari keraifan lokal.

Konsep bangunan yang ramah lingkungan, dengan lahan pemukiman yang dibiarkan sesuai kontur asli tanah berbuktit, menjadi salah satu contoh agar kita tetap menjaga bumi ini sebaik mungkin.

Anda tertarik ke Kampung Bena? Perjalanan menuju ke Bena dari pusat Kota Ngada bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua (ojek) dengan waktu tempuh sekitar dua jam.

Pastikan Anda juga membawa bekal makanan yang cukup karena di Bena tidak terdapat warung makan. Di tempat ini Anda bisa mendapatkan cinderamata berupa kain tenun motif adat dengan harga bervariasi.(vn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here