Terapi di Pemandian Kalianget Kalibening Banjarnegara

227
views
Pemandian Kalianget Kalibening

Dowisata – Berobat untuk menyembuhkan penyakit tidak hanya melalui pengobatan kimia atau obat konvensional saja. Namun, tak jarang di antara mereka yang memilih upaya alternatif, untuk mengobati penyakitnya.

Di Desa Kalibening Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara, terdapat pemandian air hangat atau Kalianget yang terletak di tepi jalan alternatif Kalibening Banjarnegara via Gripit.

Air hangat mendekati panas yang keluar dari bawah batu besar tepat di bawah jalan raya sangat dipercaya oleh banyak warga sebagai sarana pengobatan untuk penyakit tertentu seperti rematik, flu tulang, encok dan beberapa penyakit dalam lainnya.

Advertisement

Kepala Desa Kalibening, Kodim mengatakan, pemandian ‘Kalianget’ sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan semakin hari semakin banyak pengunjung yang datang.

“Selain warga lokal, beberapa pengunjung juga berasal dari beberapa kabupaten tetangga Banjarnegara. Yang datang makin banyak sehingga dimungkinkan mandi di air hangat memang bisa menjadi bagian dari upaya penyembuhan penyakit dalam,” katanya.

Menurut Kodim, pemerintah desa sudah berupaya untuk membangun objek wisata tersebut walaupun masih dilaksanakan secara bertahap dengan dana bertahap pula. Mulai dari pembenahan akses masuk pemandian hingga tempat mandi khusus untuk wanita yang lebih tertutup.

Husen, dirinya sudah berkali-kali mandi di Kalianget Kalibening. Dirinya mendapat informasi ada pemandian yang dapat menyembukan melalui cerita beberapa orang yang didengarnya.

“Saya bersama keluarga dan banyak teman saya sering ke Kalianget. Memang ada perbedaan setelah mandi air tersebut. Badan lebih segar dan ringan serta tidur jadi nyenyak. Memang airnya sedikit lebih panas tapi lama kelamaan akan terbiasa,” katanya.

Fasilitas juga sudah baik, karena setelah mandi biasanya akan merasa lapar dan haus. Di lokasi parkir, sudah berjajar beberapa warung yang menyediakan tempe goreng, kupat serta wedangan lainnya. (DW06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here