Ardi Mandala Giri Ikuti Jambore Pokdarwis se-Jateng

40
views
susur sungai Panusupan1

DoWisata – Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Ardi Mandala Giri, Desa wisata Panusupan,  Kecamatan Rembang, Purbalingga, kembali terpilih untuk mengikuti konvensi dan apresiasi Pokdarwis yang dikemas dalam acara Jambore Pokdarwis tingkat Jateng.

Pokdarwis Ardi Mandala Giri akan mengikti jambore tersebut yang berlangsung selama tiga hari di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, 29 – 31 Juli pekan depan.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si mengatakan, jambore pokdarwis merupakan ajang pembinaan sadar wisata dan sekaligus untuk membangun jejaring antar Pokdarwis dan dinas kabupaten/kota se-Jateng.

“Jambore Pokdarwis  juga sebagai media studi banding, menambah wawasan anggota dan dinas kabupetan/kota pengelola pariwisata. Hal yang bisa dipelajari dalam studi banding itu antara lain tentang atraksi wisata, kelembagaan, anggaran, peran, fungsi serta manajemen,” kata Prayitno pada pembekalan peserta jambore Pokdarwis di aula kantor setempat, Kamis (21/7/2016).

Dikatakan Prayitno, Pokdarwis merupakan salah satu upaya pengembangan pariwisata daerah dalam rangka peningkatan peran masyarakat untuk kampanye sadar wisata.

Baca juga:  Tingkatkan Kompetensi Pemandu Wisata, Dinbudparpora Gelar Pelatihan

“Melalui jambore dan konvensi ini diharapkan masyarakat terlibat langsung dalam pembangunan kepariwisataan di lingkungannya dan sekaligus sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pelaku wisata,” kata Prayitno.

Kegiatan selama konvensi, lanjut Prayitno, antara lain meliputi kunjungan ke daya tarik wisata di desa wisata Ponggok, kemudian aksi tanggap Sapta Pesona, paparan hasil visit di lokasi daya tarik wisata, dan outbond fun game.

“Selama mengikuti rangkaian kegiatan, para peserta tentunya saling berinteraksi dan diharapkan sebanyak mungkin untuk saling bertukar pengalaman dalam pengelolaan Pokdarwis maupun pengelolaan desa wisata,” harap Prayitno.

Prayitno menambahkan, setelah digelar Jambore Pokdarwis, peserta terbaik selain mendapat hadian tropi dan uang pembinaan, juga akan diajak mengikuti temu mitra dengan Pokdarwis di luar Provinsi Jateng,” tambahnya. (DW02))

Apakah informasi ini bermanfaat?

Mohon klik bintang untuk menilai, terima kasih.

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here