Curug Pletuk, Destinasi Wisata Baru di Banjarnegara

359
views
jurug pletuk dibuka 1

Dowisata – Curug Pletuk, menjadi salah satu destinasi wisata baru di Banjarnegara bagian selatan. Air terjun alami ini tepatnya berada di Desa Pesangkalan Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara.

Asper BKPH Banjarnegara Toto Swaranto, yang menjadi salah satu penggagas dibukanya wisata air terjun tersebut mengatakan, hingga saat ini, wisata air terjun Curug Pletuk sudah banyak dikunjungi wisatawan lokal.

“Suasanya masih sangat alami, suara gemericik air bening yang mengalir dari curug  pletuk main menambah keasrian suasana di area sekitar curug,” kata Toto.

Toto menambahkan, Curug Pletuk Merupakan air terjun yang memiliki ketinggian 80 meter dengan air yang jernih mengalir di tengah kawasan hutan milik Perhutani. Lokasinya berjarak 14 km dari pusat kota Kabupaten Banjarnegara.

Pemandangan alam yang indah di sekitar curug, dengan pepohonan yang sudah berumur puluhan tahun dan suhu udara yang sejuk, memberikan perasaan damai bagi siapa saja yang mengunjungi.

Untuk menuju objek wisata ini, dari pusat Banjarnegara, hanya menempuh waktu lebih kurang 30 menit dengan menggunakan motor atau mobil.

Di sepanjang jalan menuju Curug Pletuk pun mata kita juga akan dimanjakan dengan hamparan tanaman hutan yang hijau.

“lokasinya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat, hanya saja untuk kendaraan roda empat belum bisa sampai ke lokasi, karena masih terbentur dengan jalan tanah,” katanya.

Menikmati Sunrise dan Sunset dari Kawasan Curug Pletuk

Selain menawarkan kesejukan curug, dari kawasan ini Anda juga dapat menikmati sunrise dan sunset. Kawasan ini juga bisa digunakan sebagai tempat kegiatan berkemah dengan kapasitas puluhan tenda.

Ketua LMDH Desa Pesangkalan Siswo Miharjo menambahkan, saat ini pemuda setempat menjadi pegiat utama, mengelola kawasan Curug Pletuk menjadi objek yang menarik dan bisa disamakan dengan lokasi wisata air terjun lainnya di Banjarnegara.

Mereka membangun beberapa fasilitas wisata seperti gazebo, kamar mandi, perpustakaan dan menanam tanaman-tanaman peneduh di sekitar lokasi. Selain itu di daerah atas curug juga ditanami beberapa tanaman buah untuk mengembalikan habitat kera yang sebenarnya dulu ada di Curug Pletuk.

“Penataan kawasan ini dilakukan secara swadaya oleh pemuda dibantu oleh masyarakat desa Pesangkalan,” kata Siswo Miharjo

Terpisah Kasie SDM pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Eriyanto Arif menambahkan, pihaknya siap membantu pengembangan lokasi wisata tersebut agar bisa dikelola dengan baik menjadi salah satu destinasi wisata di wilayah selatan Banjarnegara.

“Karena lokasinya di wilayah perhutani kewenangan sepenuhnya menjadi miliki Perhutani dan LMDH setempat, namun kami siap membantu pengembangnnya, terutama dalam pembentukan kelompok Sadar Wisata (pokdarwis),” katanya.(Dw03)

Our Reader Score
[Total: 3 Average: 5]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here