Karangtaruna dan Pemdes Majapura Gelar Festival Majapura Murub 2017

47
views
Festival Majapura Murub 2017

DoWisata– Pemerintah Desa dan Karangtaruna Wirabumi Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari menggagas Festival Majapura Murub 2017.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk merangsang perkembangan potensi ekonomi kreatif, kuliner, seni budaya serta kehidupan sosial masyarakat desa.

Festival ini akan digelar di depan Kantor Pemerintah Desa Majapura, Minggu 30 April 2017.

“Selama ini, belum ada ruang yang layak sekaligus menarik untuk menampilkan potensi lokal ini. Terutama dari sisi kemasan acaranya,” kata Ketua Pelaksana Majapura Murub 2017, Bangkit Wismo, Rabu (12/4/2017).

‘Majapura Murub’ yang baru kali pertama digelar ini dikemas dalam berbagai kegiatan antara lain Parade Band, Festival Seni dan Budaya, Festival Jajanan Serba Seribu (Serbu) serta Festival Dolanan Bocah.

Parade Band melibatkan band pelajar se-Kecamatan Bobotsari. Festival Seni dan Budaya menampilkan kothekan, rodat, tek-tek, calung hingga lengger.

Festival Jajanan Serbu menyajikan jajanan pasar buatan warga Majapura, sementara di Festival Dolanan Bocah akan menyediakan berbagai dolanan lawas.

Para pendukung acara yang terlibat mulai dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pegiat ataupun komunitas seni dan budaya hingga sekolah-sekolah yang berdomisili di Desa Majapura, seperti SMK Maarif NU Bobotsari dan SMAN 1 Bobotsari.

Dari kepanitiaan juga melibatkan banyak instansi seperti PKK, Bela Negara, Banser, FKPPI hingga Pemuda Pancasila.

“Kami ingin seluruh elemen masyarakat di desa memiliki semangat positif yang sama-sama murub,” kata Bangkit.

Majapura Murub Menampilkan Potensi Lokal

Ketua Karangtaruna Wirabumi, Agung Sunarko mengatakan even ini dibuat untuk menampilkan potensi lokal desa sekaligus dirancang untuk mendorong pemuda desa untuk berkegiatan positif.

“Anak muda harus bisa menjaga nilai luhur desa, anak muda harus jadi penggeraknya,” kata Agung.

Sementara itu, Kepala Desa Majapura, Retno Hendarwati berharap Majapura Murub bisa menjadi sarana untuk melestarikan potensi kuliner dan seni serta budaya Desa Majapura.

“Yang paling penting juga bisa mendorong kekompakan masyarakat,” kata Retno. (DW01)

Baca juga: Biro Wisata Pasarkan Negeri Seribu Curug

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here