DestinasiFeatured

Klenteng Sam Poo Kong, Destinasi Wisata Sejarah di Semarang

Klenteng Sam Poo Kong, Destinasi Wisata Sejarah di Semarang

Dowisata – Klenteng Sam Poo Kong, belakangan telah menjadi destinasi wisata di Kota Semarang yang ramai dikunjungi wisatawan.

Meski fungsi utamanya adalah sebagai tempat peribadatan bagi umat Budha, namun klenteng ini juga memperbolehkan pengunjung dari agama lain.

Setiap hari, klenteng ini ramai dikunjungi wisatawan terutama mereka yang menyukai sejarah dan arsitektur.

“Kami sengaja datang untuk melihat kemegahan klenteng ini, jadi tidak hanya melihat melalui internet saja,” ujar Tyas, salah seorang pengunjung dari Yogyakarta.

Klenteng ini juga dikenal dengan sebutan Gedong Batu. Sebagian orang mengatakan nama ini dipakai karena asal mula tempat ini adalah sebuah gua batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu.

Namun, tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa sebenarnya asal kata yang benar adalah Kedong Batu, alias tumpukan batu-batu alam yang digunakan untuk membendung aliran sungai.

Komplek Klenteng ini terdiri dari sejumlah anjungan yaitu Klenteng Besar dan gua Sam Po Kong, Klenteng Tho Tee Kong, dan empat tempat pemujaan (Kyai Juru Mudi, Kayai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi dan mbah Kyai Tumpeng).

Klenteng Besar dan gua merupakan bangunan yang paling penting dan merupakan pusat seluruh kegiatan peribadatan. Gua yang memiliki mata air yang tak pernah kering ini dipercaya sebagai petilasan yang pernah ditinggali Sam Po Tay Djien (Zheng He).

Bentuk bangunan klenteng merupakan bangunan tunggal beratap susun. Berbeda dengan tipe klenteng yang lain, klenteng ini tidak memiliki serambi yang terpisah.

Alamat klenteng ini berada di Jalan Simongan 129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Harga Tiket Masuk Klenteng Sam Poo Kong

Harga tiket masuk Klenteng Sam Poo Kong ini relatif terkangkau, yakni hanya hanya Rp. 8 ribu saja. Namun, jika Anda menghendaki mengunjungi seluruh kawasan ini maka akan dikenai tiket terusan dengan tarif sebesar Rp. 28 ribu.

Sementara biaya parkirnya sendiri, untuk Anda yang membawa sepeda motor maka akan dikenakan biaya Rp. 5 ribu.

Sedangkan untuk Anda yang membawa mobil akan dikenakan tarif sebesar Rp.10 ribu. Adapun untuk jam operasional, tempat ini buka pada pukul 08.00 WIB dan akan tutup kembali pada pukul 22.00 WIB.

So, jika Anda ingin menikmati destinasi wisata sejarah di Kota Semarang, datanglah ke Klenteng Sam Poo Kong.

Baca juga:

Tags

Related

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close