Kiprah

Lestarikan Alam, Komunitas Pemuda Sarangan Gelar Gath Camp

Komunitas Pemuda Sarangan (Kupas), Desa Gondang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, menggelar kegiatan Gath Camp. Kegiatan yang digelar selama dua hari, mulai tanggal 25-26 Januari 2020 itu mengusung tema “Wani Nandur, Banyu Makmur”.

Ketua Gath Camp, Wagimin Wailman mengatakan kegiatan tersebut upaya perbaikan pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian fungsi lingkungan hidup.

“Salah satu tujuan dari kegiatan ini yaitu penyelamatan sumber mata air Curung Ilang,” katanya.

Sumber mata air Curug Ilang menjadi salah satu sumber mata air utama untuk memasok kebutuhan air masyarakat Desa Gondang.

Imbuhnya, kami juga didukung oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purbalingga, PDAM, KPG-PI dan Kompas yang turut berkontribusi membantu kebutuhan tanaman untuk konservasi.

Selain itu diadakan pula Sharing Session yang salah satu pembicaranya adalah Eka Alkinayung salah satu pegiat konservasi Sabawana, Pemalang.

“Hal ini guna memberikan pendidikan lingkungan baik untuk masyarakat sekitar Desa Gondang dan para peserta Gath Camp,” katanya.

Wagimin berharap kedepan dapat dilakukan kegiatan kolaborasi lintas komunitas untuk mengatasi masalah bersama yang terjadi di desa.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 20 lebih lintas komunitas dari Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Pemalang.

Mereka terdiri dari komunitas My Trip My Adventure (MTMA) Kabupaten Purbalingga, Komunitas Remaja Lentera Hati (KRLH), Komunitas Pendaki Gunung Pemalang Ikhlas (KPG-PI), Komunitas Pecinta Alam SMA N 1 Karangreja (KOMPAS), serta komunitas lainnya.

Baca juga:

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close