Lodra Jaya, Destinasi Wisata Digital Pertama di Banjarnegara

48
views
Pasar Lodra Jaya 2
Pasar Lodra Jaya 2

Dowisata – Lodra Jaya menjadi destinasi wisata digital pertama di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Lodra Jaya adalah sebuah pasar yang menyajikan aneka makanan tradisional khas Banjarnegara.

Destinasi ini berada di Desa Wisata Winong, Kecamatan Bawang, kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Selain makanan tradisional, destinasi ini juga dilengkapi dengan beragam permainan tradisional seperti egrang, lompat tali, congklak, permainan kelereng dan lainnya.

Di aera ini, pengunjung juga akan menjumpai beberapa spot menarik untuk swafoto.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Dwi Suryanto, mengatakan, berdirinya Pasar Lodra Jaya merupakan prakarsa dari Generasi Pesona Indonesia (GenPI).

Pihaknya berharap kehadiran destinasi ini dapat menambah kunjungan wisatawan ke Banjarnegara.

Gerbang Pasar Lodra Jaya
Gerbang Pasar Lodra Jaya

Kuliner Tradisional

Aneka kuliner tradisional menjadi sajian utama di Pasar Lodra Jaya. Beberapa makanan tersebut di antaranya, nasi jagung, nasi aking, buntil, dan ragam jajanan yang saat ini sulit ditemui di masyarakat.

Para pedagang menjajakan aneka kuliner di lapak masing-masing yang semuanya menyerupai gubug bambu khas jaman dulu.

Semua pedagang yang ada di pasar ini juga mengenakan pakaian tradisional.

Untuk bisa membeli makanan atau barang yang dijual di pasar ini, pengunjung wajib menukarkan terlebih dahulu uang mereka dengan kethip (koin) yang terbuat dari kayu berlogo. Nilai per kethip sebesar Rp 2.500,-.

Salah seorang pengunjung dari Banjarnegara, Andriyani, mengaku suka setelah berkeliling dan mencicipi aneka kuliner tradisional di pasar ini.

“Saya bisa mendapatkan aneka jajanan tradisional yang sulit ditemukan di tempat lain. Spot untuk swafoto juga cukup menarik, hanya mungkin perlu ditambah lagi, biar variatif,” ujarnya.

Petunjuk arah ke Pasar Lodra Jaya:

Our Reader Score
[Total: 3 Average: 5]
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here