Motif Batik Patrawisa Lebih Diminati Pembeli

93
views
Batik Patrawisa

Dowisata – Motif batik Patrawisa Desa Limbasari Kecamatan Bobotsari Purbalingga ternyata lebih banyak diminati oleh masyarakat.

Motif ini menggambarkan keindahan alam desa Limbasari dengan latar belakang pengunungan Patrawisa dan sungai Tungtung Gunungnya.

Salah seorang pengusaha batik dari Desa Limbarasi, Sutaryo, mengatakan, motif batik Patrawisa lebih banyak diminati dikarenakan coraknya sangat bagus, yang menggambarkan panorama alam Desa Limbasari.

“Kalau saya bikin motif patrawisa selalu habis. Selain patrawisa motif sawah layur dan udan liris juga banyak diminati pembeli,” ujarnya.

Munculnya batik di Libasari, menurut Sutaryo, berasal dari kehadiran Kyai Gandrung Wesi dari Kerajaan Mataram ke Limbasari. Kyai Gandrung Wesi mempunyai anak benama Siti Rumbiyah, dari Siti Rumbiyah batik mulai dikenal dan dikembangkan oleh penduduk Limbasari.

“Hampir sebagian besar perempuan Limbasari bisa membatik,” ujar Sutaryo yang juga pemilik merek batik Planasari.

Andalkan Pasar Lokal

Untuk pemasaran batik yang diproduksinya tersebut, Sutaryo masih mengandalkan pasar lokal yakni untuk wilayah Purbalingga dan sekitarnya. Sedangkan harga satu lembar batik, ia mematok antara Rp 300 ribu – Rp 500 ribu.

Baca juga:  Produk Knalpot Purbalingga akan Ikuti Pameran di Singapura

“Tergantung motifnya, semakin rumit motif batik maka semakin mahal harganya. Untuk satu lembar motif batik biasa diselesaikan antara dua sampai empat hari. Sedangkan untuk motif rumit bisa diselesaikan sampai satu minggu,” katanya.

Untuk biaya produksi Sutaryo mengatakan per lembar antara Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu, sedangkan untuk pewarnaan rata-rata satu lembar sekitar Rp 25 ribu.

Jumlah produksi Batik Planasari satu bulan antara 50 lembar sampai 60 lembar, dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 15 orang.

Anda tertarik untuk mengoleksinya? Berkunjunglah ke Kerajinan Batik Planasari, Desa Libasari, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga. (DW01)

Apakah informasi ini bermanfaat?

Mohon klik bintang untuk menilai, terima kasih.

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here