Pantai Indrayanti, Tempat Wisata Favorit di Jogja

978
views
Pantai Indrayanti, Tempat Wisata Favorit di Jogja
Pengunjung tengah menikmati Pantai Indrayanti. (Foto: Dowisata).

DoWisata – Pantai Indrayanti, menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jogja (Yogyakarta). Pantai ini terkenal dengan kebersihannya, serta air yang jernih. Sepanjang garis pantai terlihat bersih dan bebas dari sampah.

Panorama lain bisa Anda nikmati di objek wisata ini, adalah megahnya perbukitan karang. Pantai ini berada di Dusun Ngasem, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai Indrayanti berada di sisi timur Pantai Sundak yang dibatasi dengan perbukitan karang. Kondisi air yang jernih dan bersih, membuat banyak wisatawan tertarik untuk berenang atau bermain-main air di bibir pantai.

Pantai ini ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat hari libur. Mereka tidak hanya warga sekitar Yogyakarta, namun wisatawan dari seluruh penjuru Indonesia.

Pantai Indrayanti, Tujuan Wisata Selain Malioboro

Salah seorang pengunjung dari Purwokerto, Ina, mengaku sudah beberapa kali datang ke pantai ini bersama keluarganya. Baginya, pantai ini menjadi tujuan wisata utama selain Malioboro.

Alasan dia suka pantai ini, selain panoramanya indah karena ada perbukitan karang, kondisi pantai juga bersih, sehingga merasa lebih nyaman. “Pantainya bersih dan airnya jernih, jadi terasa lebih nyaman,” ujarnya.

Penamaan pantai ini, berawal dari pemilik kedai yang memasang papan nama ‘Indrayanti” untuk kedai miliknya. Namun ternyata nama ini menjadi popular di kalangan wisatawan, sehingga pantai tersebut dinamai ‘Indrayanti’.

Baca juga:  Kampung Ciptagelar, Ratusan Tahun Bertahan dengan Tradisi Leluhur

Belakangan, nama Indrayanti memunculkan perdebatan di masyarakat, sehingga Pemerintah Gunungkidul akhirnya memberikan nama pantai tersebut sebagai Pantai Pulang Syawal.

Namun, sampai saat ini nama Indrayanti lebih popular di kalangan wisatawan dibanding nama Pulang Syawal.

Selain keindahan pantai yang mempesona, di sini Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan ragam kuliner yang ada di kawasan pantai.

Warung makan, cafe, dan restoran, didesain menghadap pantai sehingga membuat betah wisatawan yang berkunjung.

Untuk menuju objek wisata ini, dari Kota Yogyakarta, Anda bisa melalui Jalan Lingkar Selatan, kemudian Jalan KRT Djojodinigrat, Jalan Girisubo, sampai ke Wonosari. Dari Wonosari ke Jalan Saptosari – Tepus, sebelum masuk Pantai Baron ambil ke timur menuju Pantai Sundak, kemudian Somandeng, dan sampai ke Pantai Indrayanti.(gl)

Baca juga: Menikmati Pesona Pantai Jatimalang Purworejo

Apakah informasi ini bermanfaat?

Mohon klik bintang untuk menilai, terima kasih.

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here